Cara jual bitcoin

Takut kalau Bitcoin bisa jadi gelembung? Inilah cara menjual apa yang Anda punya

Memutuskan sudah waktunya untuk keluar dari gigitan bitcoin atau hanya ingin dipersiapkan saat Anda melakukannya? Dalam panduan ini, kami akan mengajari Anda cara menjual bitcoin untuk memastikan Anda dapat berjalan kaki saat Anda mau dan mendapatkan apa yang harus Anda bayar. Sadarilah meskipun, bahwa jika Anda memutuskan untuk menjual pada saat bersamaan dengan orang lain, Anda dapat mengalami beberapa masalah. Untungnya, kami di sini untuk berbicara dengan Anda melalui mereka semua, sehingga Anda dapat membuat pilihan informasi tentang kapan dan di mana untuk menjual kripto Anda.

Bagi Anda yang bahkan belum memiliki potongan kue bitcoin Anda yang pertama, pastikan Anda membaca panduan kami tentang segala hal yang berhubungan dengan bitcoin dan bagaimana melakukan pembelian pertama Anda.

Ada dua metode utama untuk menjual bitcoin, masing-masing sedikit berbeda dari yang lain. Mana yang tepat untuk Anda tergantung pada seberapa banyak Anda ingin menjual, seberapa besar kendali yang Anda inginkan dari harga akhirnya yang Anda dapatkan untuk kripto-kardiak Anda, dan berapa banyak waktu yang Anda miliki di tangan Anda.

PERDAGANGAN PERDAGANGAN

Diperdebatkan cara yang paling sederhana dan paling ‘otomatis’ untuk mengubah bitcoin menjadi uang tunai adalah melalui platform pertukaran. Mereka bertindak sebagai orang tengah untuk kripto yang terkenal terdesentralisasi, dengan menjual bitcoin Anda untuk Anda. Beberapa contoh terbaik termasuk LocalBitcoins, Bitstamp, dan Kraken, dan jika mereka tidak menawarkan apa yang Anda inginkan dalam pertukaran, ada banyak pilihan lain.

Apapun yang Anda pilih, proses penjualan bitcoin Anda pada platform mereka sama. Anda membuat akun dan dompet dengan pertukaran dan menautkan rekening bank Anda dengannya, atau dalam beberapa kasus dompet uang lokal. Selanjutnya, Anda mengirim bitcoin Anda ke sana sama seperti jika melakukan transaksi dengan orang lain. Anda mengambil alamat deposit Anda dari dompet pertukaran dan Anda mengirim bitcoin yang ingin Anda jual ke sana.

Begitu koin Anda telah disimpan di sana, Anda bisa menempatkan “order jual.” Itu biasanya melibatkan bitcoin Anda yang dijual dengan harga pasar. Beberapa bursa akan membiarkan Anda menetapkan batas penjualan Anda, jadi jika harga bitcoin turun di bawah titik tertentu, penjualan tidak akan berlanjut.

Setelah penjualan selesai, dana dalam mata uang Anda yang relevan akan ditransfer langsung ke rekening bank tertaut Anda, atau ke akun mata uang pertukaran Anda, saat mana Anda dapat menariknya kembali dan kapan Anda mau. Perhatikan bahwa Anda biasanya dikenakan biaya yang kecil untuk menggunakan layanan pertukaran.

MASALAH POTENSIAL

Sesederhana proses penjualan di bursa adalah, tidak selalu mudah. Beberapa situs mengharuskan Anda memberikan ID foto untuk verifikasi sebelum membeli atau menjualnya, yang harus diverifikasi secara manual. Untuk menghindari penundaan, pastikan Anda menyiapkan akun penjualan Anda dengan baik sebelum Anda berencana melakukan perdagangan.

Bahkan jika Anda melakukannya, tidak ada jaminan bahwa situs pilihan Anda akan dapat diakses pada saat penjualan. Masuknya pembeli dan penjual selama periode perdagangan yang panik, serangan DDOS, dan masalah pemeliharaan umum, dapat menyebabkan pemadaman di tempat pada saat terburuk. Itu bisa meninggalkan kriptoanata Anda atau uang riil yang terjebak dengan situs ini sampai bisa diakses lagi.

Penting juga untuk diingat bahwa nilai bitcoin dapat berfluktuasi dalam jumlah besar dalam jangka waktu yang singkat, yang dapat menyebabkan penjualan Anda jauh lebih rendah daripada yang Anda inginkan, atau dikenakan biaya transaksi yang besar. Keterlambatan dalam transaksi dikonfirmasi karena biaya rendah dapat berarti bahwa pembayaran memerlukan waktu lama untuk melewatinya juga. Menghindari penjualan pada saat yang sama seperti orang lain adalah taruhan terbaik Anda untuk menghindari sebagian besar masalah ini.

Meskipun tidak mungkin dengan pertukaran yang paling mapan, ada juga risiko situs yang melakukan pelarian dengan kripto kardiak atau hack sendiri, kehilangan uang dan koin setiap orang dalam prosesnya. Anda dapat menghindari masalah seperti itu sebaik mungkin dengan tidak membiarkan uang atau kriptourrency dalam dompet pertukaran lebih lama dari yang diperlukan dan hanya menggunakan yang sudah mapan dan memiliki asuransi terhadap pencurian.

PERDAGANGAN LANGSUNG

Jika Anda lebih suka memiliki lebih banyak pekerjaan dalam proses penjualan aktual, perdagangan langsung (atau perdagangan peer-to-peer) adalah alternatif yang lebih aman. Anda perlu mendaftar, yang dalam beberapa kasus akan berarti mengonfirmasi identitas Anda, sehingga dengan semua metode penjualan, kami akan merekomendasikan agar akun Anda disiapkan dengan baik sebelum Anda benar-benar ingin menjual. Begitu Anda siap, Anda bisa menjual Bitcoin Anda dengan cara yang lebih ‘langsung’.

Metode sebenarnya untuk transaksi akan sangat bergantung pada situs yang Anda gunakan, namun menyiapkan penjualan sebanding di sebagian besar situs. Anda menyiapkan pesanan jual untuk nilai tertentu dan ketika seseorang datang mencari untuk membeli dengan harga yang disepakati, situs tersebut akan memberi tahu Anda bahwa Anda dapat melanjutkan transaksi. Begitu Anda memberikannya jempol, pembeli membayar Anda, dan Anda kemudian mengirimkan cryptocurrency sebagai balasannya.

Metode pembayaran yang sebenarnya akan sangat bergantung pada platform mana Anda melakukan perdagangan. Situs seperti BitQuick menjaga hal-hal secara eksklusif online, memanfaatkan transfer rekening bank. Namun, situs seperti LocalBitcoin atau Paxful memiliki lebih banyak pilihan, termasuk MoneyGram, kartu hadiah, uang tunai melalui pos, dan bahkan uang tunai sendiri.

Meskipun beberapa dari metode tersebut jauh lebih memakan waktu, banyak yang jauh lebih anonim dan dapat memungkinkan Anda untuk menjaga agar transaksi menjauh dari mencongkel mata jika itu keuntungan bagi Anda.

MASALAH POTENSIAL

Karena tidak ada pertukaran tengah-orang dengan perdagangan langsung, Anda tidak perlu khawatir tentang platform itu sendiri yang berjalan dengan uang Anda atau di-hack dan dicuri. Namun, Anda bisa mengalami masalah platform yang sama dengan sendirinya karena serangan lalu lintas tinggi atau serangan DDOS. Itu tidak berarti dana Anda terjebak di sana, apakah itu alternatif kriptocurrency atau dunia nyata, namun Anda tidak dapat melakukan transaksi saat situs sedang down.

Persyaratan verifikasi berarti Anda harus terus berpikir tentang penjualan, namun karena transaksi dilakukan secara manual, Anda berisiko jauh terkena risiko fluktuasi harga. Sebagai penjual, biaya jauh lebih kecil kemungkinannya menjadi masalah bagi Anda daripada pembeli.

Jika Anda menjual bitcoin secara langsung untuk perdagangan tunai melalui LocalBitcoin atau salah satu alternatifnya, sangat penting untuk melakukan perdagangan di tempat umum dimana Anda dapat tetap aman. Meski masalah jarang terjadi, sama seperti melakukan transaksi langsung dengan seseorang yang pernah Anda temui secara online, Anda tidak dapat memastikan niat mereka sampai perdagangan selesai.

Perdagangan langsung juga jauh lebih memakan waktu daripada pertukaran otomatis. Anda harus melakukan perdagangan secara manual dan Anda harus siap melakukannya pada waktu yang tepat. Jika Anda berencana untuk bertemu seseorang secara pribadi untuk perdagangan tunai, Anda perlu mempertimbangkan waktu yang terlibat dan biaya perjalanan terkait juga.